05 December 2010

Cara Men-Tuning Gitar

Mungkin aspek yang paling membuat frustrasi belajar gitar adalah bahwa tampak mustahil untuk memainkan sesuatu yang benar-benar terdengar bagus. Meskipun benar bahwa dibutuhkan waktu untuk mempelajari teknik-teknik yang dibutuhkan untuk memainkan lagu dengan baik, alasan sebenarnya untuk pemula, suara yang buruk adalah karena alat mereka tidak tuning (fals). Berikut ini adalah tutorial untuk tuning gitar.

Seberapa Sering/ Haruskah aku Tune Guitar?
Anda harus menyetel gitar anda setiap kali anda mengambilnya. Gitar (khususnya yang murah) cenderung cepat keluar dari standar tuning (Fals). Pastikan setiap anda memainan/berlatih gitar agar selalu memeriksa tuning .

Berapa Lama Tuning Gitar ?
Pada awalnya, mungkin anda memerlukan waktu lima menit atau lebih untuk mendapatkan gitar anda Tuning, tetapi semakin sering anda berlatih tuning, semakin cepat anda akan mampu melakukannya. Banyak gitaris bisa mendapatkan instrumen selaras/tuning dalam waktu sekitar 30 detik.

Untuk memulai tuning gitar, anda akan memerlukan "pitch referensi" dari sumber lain. Setelah anda menemukan sumber untuk pitch awal (bisa piano, garpu tala, gitar lain, atau sejumlah opsi lainnya),  anda akan dapat menyempurnakan sisi instrumen anda dengan menggunakan satu nada .

CATATAN : 
Tanpa pitch referensi, anda dapat menyetel gitar anda, dan itu akan terdengar baik pada diri sendiri. Ketika Anda mencoba dan bermain dengan instrumen lain, bagaimanapun juga pasti akan terdengar out-of-tune (fals). Jadi kebutuhan untuk pitch referensi sangat perlu.

Ada beberapa cara Tuning gitar :
- Menggunakan Elektronic Tuner
- Menggunakan Tuning Whistle (alat tiup)
- Menggunakan Senar Gitar lainnya sebagai tuner.

Menggunakan Tuner

Tuner

Cara ini paling mudah dilakukan, tetapi anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk membeli tuner elektronik ini.
Ketika memetik string (senar), built-in microphone mengambil suara dan hasilnya ditampilkan melalui digital atau jarum tergantung dari model tuner tersebut.

Menggunakan Tuning Whistle (alat tiup/peluit)

Pluit

Tuning metode ini adalah dengan menggunakan peluit tuning yang dapat dibeli di toko musik. Sebuah peluit tuning memiliki enam pipa, masing-masing pipa merupakan salah satu dari enam senar terbuka. Jika Anda,  meniup pipa E rendah maka anda harus mencocokkan string/senar E rendah pada gitar anda sehingga mempunyai nada yang sama, demikian seterusnya.

Menggunakan Senar/string lain sebagai Tuner

Fret

  1. Pastikan string/senar keenam anda sudah di tuning (gunakan pitch referensi misalkan gitar lain atau piano/keyboard)
  2. Mainkan string/senar keenam dengan menekannya di fret kelima (A), kemudian tune string/senar terbuka kelima anda (A) sampai keduanya mengeluarkan nada yang sama.
  3. Mainkan string/senar kelima dengan menekannya di fret kelima (D), kemudian tune string/senar terbuka keempat Anda (D) sampai keduanya mengeluarkan nada yang sama.
  4. Mainkan string/senar keempat dengan menekannya di fret kelima (G), kemudian tune string/senar terbuka ketiga Anda (G) sampai keduanya mengeluarkan nada yang sama.
  5. Mainkan string/senar ketiga dengan menekannya di fret keempat (B), kemudian tune string/senar terbuka kedua anda (B) sampai keduanya mengeluarkan nada yang sama.
  6. Mainkan string/senar kedua dengan menekannya di fret kelima (E), kemudian tune stringsenar terbuka pertama Anda (E) sampai keduanya mengeluarkan nada yang sama.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  ©Template by Dicas Blogger.